Monday, September 28, 2009

Password Aman dengan KeePassX, di Linux maupun Windows

dotEXE – KeePassX adalah salah satu software penyimpan dan generate password yang telah lama kami pakai. Software ini Free, Open source, ringan dan mudah digunakan baik di Linux maupun Windows, bahkan Mac sekalipun. Sebenarnya KeePassX sendiri dulu dirilis dengan nama KeePass/L for Linux, namun sejak porting untuk Windows sudah aktif dan massive dikembangkan, maka komunitas pengembangnya mengganti nama softwarenya menjadi KeePassX Password Safe.

KeePassX sendiri menawarkan fitur generate password dengan mudah dan aman. Generator passwordnya sangat mudah diatur ulang, cepat dan mudah digunakan. Bagi anda yang berurusan dengan generate banyak password, software ini sangat kami rekomendasikan.

Databasenya yang komplet baik itu metode enkripsi dengan AES atau Rijndael atau Twofish dengan key 256 bit sekalipun sudah ada. Selain password dan username yang bisa anda masukkan, anda juga bisa memasukkan informasi-informasi tambahan lain sesuka anda. Password yang dihasilkan oleh KeePassX sendiri kompatibel 100% dengan yang dihasilkan KeePass Password Safe.

Instalasi

Untuk distro Mandriva 2009.1 sendiri anda dapat menginstalasikan KeePassX dengan:

#urpmi keepass

Untuk versi Windows (dengan nama resmi KeePass Password Safe):

  • Versi Portabel (ZIP) : http://downloads.sourceforge.net/keepass/KeePass-1.16.zip
  • Versi Installer (EXE) : http://downloads.sourceforge.net/keepass/KeePass-1.16-Setup.exe

Referensi

Official Web KeePass: http://keepass.info/

KeePass (Wikipedia): http://en.wikipedia.org/wiki/KeePass

Official Project Page at Sourceforge.net : http://sourceforge.net/projects/keepass/

No comments:

Post a Comment